Program Insentif Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah Tahun 2020


Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional menyelenggarakan Program Insentif Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah Tahun 2020 dengan tujuan untuk mendorong penerbitan jurnal ilmiah di Indonesia agar meningkat kualitasnya dan menjadi internasional bereputasi.

Jurnal-jurnal yang berpotensi untuk memajukan dan membawa nilai Indonesia di tingkat global dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya perlu diberikan dorongan dan fasilitas dari pemerintah agar tetap menjaga kualitasnya dan sustainable. Kontribusi besar dari jurnal-jurnal ini perlu dijaga dengan baik dan diapresiasi tinggi.

Tujuan Program Insentif Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah Tahun 2020 ini adalah:

  1. Mendorong, memfasilitasi, dan mengapresiasi jurnal-jurnal yang terbit di Indonesia dan sudah terindeks di pengindeks internasional bereputasi untuk selalu meningkatkan kualitas, peringkat, dan jumlah artikel yang diterbitkan per tahunnya.
  2. Mendorong jurnal-jurnal yang sudah terakreditasi nasional untuk meningkatkan kualitasnya sehingga dapat terindeks di pengindeks internasional bereputasi.

Sasaran utama dari Program Insentif Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah Tahun 2020 ini adalah bahwa semakin banyaknya jurnal nasional yang terindeks di lembaga pengindeks internasional diharapkan dapat memotivasi peneliti di Indonesia untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan karya ilmiahnya terutama di jurnal internasional Indonesia bereputasi. Selain itu, diharapkan para penulis dari luar negeri juga tertarik untuk menyumbangkan artikel ilmiahnya ke jurnal ilmiah yang dikelola dan diterbitkan di Indonesia.

Terdapat dua skema insentif yang diberikan bagi jurnal-jurnal ilmiah di Indonesia untuk meningkatkan kualitasnya melalui Program Insentif Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah Tahun 2020, sebagai berikut:

  1. Insentif Jurnal Internasional Bereputasi
  2. Insentif Jurnal Nasional Berkualitas Menuju Standard Indeksasi Internasional

Kriteria Pengusul :

  1. Insentif Jurnal Internasional Bereputasi Insentif ini ditujukan untuk jurnal-jurnal ilmiah di Indonesia yang sudah terindeks di lembaga pengindeks internasional bereputasi seperti Scopus dan/atau Web of Science (khusus SCIE atau SSCI) baik sudah mempunyai peringkat (Q4, Q3, Q2 atau Q1) maupun yang sudah terindeks di Scopus namun sedang dalam proses terindeks Scimago Journal Ranking (Non-Q).
    Terdapat 4 kategori pada insentif ini dan setiap jurnal nasional yang memenuhi kriteria dapat mengusulkan lebih dari 1 kategori, yaitu Insentif Capaian Quartile, Insentif Jumlah Artikel per Tahun, Insentif Jumlah Sitasi dan Insentif Peningkatan Quartile.
  2. Insentif Jurnal Nasional Berkualitas Menuju Standard Indeksasi Internasional Insentif ini ditujukan untuk jurnal-jurnal ilmiah di Indonesia yang sudah terindeks di SINTA atau sedang mengajukan indeksasi internasional di Scopus atau Web of Science (WoS).

Kriteria Penilaian

  1. Insentif Jurnal Internasional Bereputasi
    Kriteria penilaian untuk masing-masing kategori sebagai berikut :
    >>Insentif Capaian Quartile
    Jurnal akan dinilai berdasarkan peringkat Jurnal tersebut pada Scimago Journal Ranking (SJR) di tahun 2019 untuk peringkat Q4, Q3, Q2, Q1 atau Non-Q.
    >>Insentif Jumlah Artikel per Tahun
    Jurnal akan dinilai berdasarkan jumlah artikel yang diterbitkan dalam 1 tahun, yaitu pada tahun terbitan 2019 dan akan dikelompokkan berdasarkan kategori:
    1. Tinggi; apabila jumlah artikel > 100 artikel/tahun
    2. Sedang; apabila jumlah artikel 40-100 artikel/tahun
    3. Rendah; apabila jumlah artikel < 40 artikel/tahun
    >> Insentif Jumlah Sitasi
    Jurnal akan dinilai berdasarkan jumlah sitasi eksternal terhadap artikel yang telah diterbitkan pada tahun 2019 dan akan dikelompokkan dalam kategori:
    1. Tinggi; apabila jumlah sitasi eksternal > 200 sitasi
    2. Sedang; apabila jumlah sitasi eksternal antara 80-200 sitasi
    3. Rendah; apabila jumlah sitasi eksternal < 80 sitasi
    >> Insentif Peningkatan Quartile
    Jurnal akan dinilai berdasarkan perubahan (delta) kenaikan quartile yang diperoleh pada tahun 2019 sesuai data SJR dan dikelompokkan dalam kategori:
    1. Kenaikan Quartile >=3 tingkat
    2. Kenaikan Quartile 2 tingkat
    3. Kenaikan Quartile 1 tingkat
  2. Insentif Jurnal Nasional Berkualitas Menuju Standard Indeksasi Internasional Untuk menjamin adanya peningkatan kualitas menuju jurnal ilmiah internasional bereputasi, maka tiap jurnal yang eligible akan dievaluasi apakah telah memenuhi persyaratan-persyaratan lembaga pengindeks internasional bereputasi (diversity of editorial board, diversity of authorship, dan citedness journal standing). Adapun kriteria-kriteria yang harus dipenuhi jurnal yang termasuk ke dalam skema ini antara lain:
    1. International diversity editorial board minimum 4 negara
    2. Journal citedness di Scopus minimum 10
    3. International diversity authorship minimum 2 negara per tahun (2019)
    4. Website jurnal dan full text article berbahasa Inggris

Evaluasi dan penilaian terhadap jurnal-jurnal yang akan dinyatakan mendapatkan Insentif Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah Tahun 2020 dilakukan oleh Tim Seleksi yang ditunjuk oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional. Keputusan hasil seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Jurnal-jurnal yang dinyatakan sebagai Penerima Insentif Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah Tahun 2020 akan mendapatkan insentif dengan besaran/nomimal tergantung kategorinya, dan akan ditentukan oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional dengan mempertimbangkan ketersediaan anggaran.

No Uraian Kegiatan Tanggal
1Pengumuman Program Insentif Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah1 Oktober 2020
2Sosialisasi Program Insentif Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah5-9 Oktober 2020
3Pengumpulan Proposal5-16 Oktober 2020
4Seleksi Jurnal Penerima Insentif19-26 Oktober 2020
5Pengumuman Jurnal Penerima Insentif27 Oktober 2020